Mendapatkan posisi 1 Google dengan optimasi seo

Optimasi seo topik yang akan kita bahas pada kesempatan ini. Namun sebelumnya rongrangreng.net mengucapkan terima kasih atas kesetiaan para pembaca. Semoga ilmunya bermanfaat dan tips tipsnya bisa diterapkan pada website anda dengan baik. Baiklah kembali ke topik optimasi SEO. Sudah pada tahu kan apa itu SEO? Mungkin anda adalah salah seorang yang telah lama berkutat di dunia SEO, namun anda merasa tidak menemukan solusi yang tepat untuk bisa mendapatkan posisi halaman 1 mesin pencari.

Dalam kasus ini kita berbicara mesin pencari Google, mengingat Google adalah mesin pencari terbesar yang paling tinggi penggunanya di dunia. Mendapatkan posisi 1 Google memang harus sabar dan cerdas dalam mengelola website. Rasa putus asa dan kecewa bisa saja datang menghampiri. Saat merasa anda sudah melakukan banyak hal di SEO namun hasilnya belum nampak juga. Karenanya berikut akan saya bagikan tips tips yang bisa dijadikan acuan dalam melakukan pembenahan SEO website anda.

1. Memaksimalkan optimasi SEO Onpage

Sudahkah anda melakukan optimasi SEO Onpage? Jika sudah, apakah cara yang diterapkan sudah benar? Inilah menjadi pertanyaan bagi para pengelola website, apakah optimasi SEO yang diterapkan sudah benar. Karena SEO tidak hanya melulu soal meta title, meta tag, meta description dan lainnya. Pasti sudah banyak dari anda mengenal tool seo site check up. Dengan melihat hasil cek dari tool ini kita bisa melakukan analisa dan pembenahan pada website anda.

  • Title yang unik dan menarik. Judul harus menyimpan kata kunci utama dipadukan dengan tail keyword. Contoh kata kunci utama “jasa website” bisa diikuti dengan tail keyword menjadi “jasa website murah dan bergaransi”
  • Meta description yang relevan dengan judul. Dalam satu artikel idealnya terdiri dari 300 kata. Pada kalimat penjabaran usahakan kata kunci utama muncul tidak melebihi density 2,5%. Untuk artikel dengan 500 kata maksimal memunculkan kata kunci utama adalah 15 kali. Ini adalah optimasi seo yang bagus untuk memperbaiki peringkat website di mesin pencari
  • Permalink yang menyimpan kata kunci utama. Perhatikan link setiap halaman website anda. Pastikan setiap halaman memiliki fokus kata kunci. Kata kunci tersebut harus muncul dalam link. Usahakan tidak membuat slug yang terlalu panjang. Jika judul artikel anda panjang, silahkan slug link diubah dengan tetap mempertahankan kata kunci utama.
  • Meta tag tidak boleh dilupakan. Masukan kata kunci utama dan kata lain sebagai penguat kata kunci utama.

Dalam SEO Onpage perhatikan juga kecepatan loading dan design website anda. Jika website anda menampilkan banyak flash dan animasi bisa dikurangi, karena cukup menggangu performa website. Optimasi gambar yang diupload agar tidak terlalu besar karena akan mempengaruhi kecepatan loading website. Anda bisa gunakan tool GTMetrix atau Google page speed untuk mengetahui kecepatan website anda.

 

2. Memanfaatkan webmastertool

Webmastertool dapat dijadikan sebagai senjata andalan dalam optimasi SEO. Tool ini sangat membantu kita dalam melakukan SEO. Jika website anda belum memiliki webmastertool, silahkan daftar disini. Anda bisa mengintegrasikannya dengan google analityc untuk memantau traffic. 

Kesalahan fatal yang sering dilakukan pengelola SEO adalah tidak melakukan pantauan berlanjut terhadap webmastertoolnya. Padahal jika kita pahami fungsinya tool ini sangat membantu. Seperti mendeteksi spam, penentuan target negara, mengecek broken link, mengetahui link dari luar, mengecek status indexing sampai pada struktur data website. Melakukan monitoring pada webmastertool penting dilakukan untuk mendapatkan sinyal permasalahan pada website yang harus diperbaharui.

 

3. Menebar backlink berkualitas

Dengan 10 backlink berkualitas akan mampu mengalahkan backlink biasa yang ribuan. Yang ditekankan adalah tentang kualitas backlink. Selain niche atau kategori web yang sama, backlink berkualitas juga bisa didapat dari website yang memiliki nilai tinggi, baik itu alexa, PA maupun DA.

Memang tidak mudah untuk mendapatkan backlink yang baik, karena website harus memiliki relevansi juga. Jangan sekali kali mencoba melakukan backlink yang membabi buta, bahkan menggunakan cara curang seperti program otomatis. Hal ini memberi sinyal negatif terhadap website anda bahkan bisa sampai kena pinalty dan deindexing. Lakukan optimasi SEO yang sehat, oki!

 

4. Memperbaharui artikel dengan rutin

Konten menjadi kunci dalam mempertahankan eksistensi posisi sebuah website. Website yang rutin melakukan pembaharuan akan dapat dengan mudah mengungguli website lain. Rumus ini memang berlaku dan real. Namun nyatanya banyak yang terlena saat merasa websitenya sudah bagus dan konten cukup kemudian berhenti. Tidak pernah melakukan pembaharuan dan lupa melakukan pemantauan. Lambat laun website jadi semakin tenggelam dan lenyap. Berikut tips bagaimana membuat artikel SEO berkualitas

 

Demikianlah pemaparan singkat bagaimana optimasi SEO untuk mendapatkan posisi 1 di mesin pencari (Google). Sekarang anda sudah tahu, saatnya untuk menerapkan pada website anda. Jika ingin website anda menempati posisi 1 Google tentu point point diatas tidak bisa anda abaikan. Pesan saya jangan pernah mencoba melakukan black hat SEO, utamakan kesehatan website untuk bisa mencapai posisi 1 Google.

 

Salam rongrangreng!