Cek kecepatan website anda dan lakukan optimasi

Cek kecepatan website anda secara rutin, mengingat kecepatan website merupakan hal penting yang mempengaruhi skor SEO website. Website dengan waktu loading lama tidak baik bagi SEO maupun pengunjung. Untuk memastikan website anda memiliki performa bagus alangkah baiknya cek kecepatan website anda secara berkala. Kenapa harus berkala? Karena website yang telah online pasti menyimpan cache dan file file temporary pada database maupun server. Hal ini lambat laut bisa menumpuk hingga menurunkan performa website.

Maka dari itu berikut akan dijabarkan bagaimana melakukan analisa cek kecepatan website dengan tools online. Jika ternyata website anda mengalami penurunan performa, dapatkan tips meningkatkan kecepatan website disini.

Cek kecepatan website dengan tool online

Ada beberapa tool handal yang bisa dipergunakan untuk cek kecepatan website, seperti GTMetrix, Pingdom maupun Google page speed test. Anda bisa coba melakukan test menggunakan 3 tools tersebut kemudian bandingkan hasilnya. Jika hasil cek kecepatan website menampilkan informasi yang hampir sama, berarti dapat dinyatakan hasil akurat.

Bagaimana dengan hasil cek kecepatan website anda? Jika website memiliki grade kecepatan yang rendah, tentu tidak bisa dibiarkan begitu saja. Lakukanlah optimasi kecepatan. Hasil analisa tools online dapat anda jadikan acuan untuk mengetahui apa yang harus diperbaiki.

Hal hal apa saja yang mempengaruhi kecepatan sebuah web? Faktor penggunaan thema, javascript code, database, flash, plugin, konten gambar, bahkan server bisa sebagai penyebab lambatnya loading website. Maka dari itu cermatlah membeli server host untuk website anda.

Untuk menjawab berbagai permasalahan kecepatan website. Berikut akan kami jabarkan trik jitu meningkatkan kecepatan website. 

1. Menghapus fitur yang tidak perlu

Jika website anda dibangun dengan platform CMS wordpress atau CMS lainnya penting untuk diperhatikan plugin yang diinstal. Kadang tanpa disadari website menyimpan plugin yang sekiranya tidak diperlukan. Keberadaan plugin yang walaupun statusnya tidak aktif cukup membebani performa. Seleksilah plugin yang memang anda butuhkan. Jika terdapat plugin yang anda curigai membebani loading website lebih baik jangan digunakan.

Alasan mengapa plugin dapat memberatkan website anda adalah

  • Plugin memakan ruang besar di database. Rekam data tambahan yang diciptakan oleh plugin akan mengambil ruang dalam database. Plugin yang berjalan dalam website akan menghasilkan baris data yang semakin hari semakin tinggi recordnya. Hal ini dapat memicu beratnya database, jika database respon melemah karena tumpukan data maka loading websitepun menjadi turun.
  • Request ke database dan server. Banyaknya permintaan konstan ke database dan server dapat menguras penggunaan CPU yang berujung pada melemahnya respon server. Jika server melemah maka dapat dipastikan loading website anda melambat.
  • Plugin yang memanggil layanan dari pihak ketiga mampu memperlambat kinerja website. Seperti penggunaan share button sosial media dan sejenisnya.

Sedangkan pada website yang dibangun dengan blogspot pemasangan widget harus anda perhatikan. Beberapa widget yang cukup berat di blogspot adalah widget archive dan widget yang menyimpan kode javascript. Jadi cermat lah dalam menentukan fitur apa yang baik dan buruk untuk performa website.

2. Menambahkan plugin optimasi

Bagi pengguna CMS wordpress pergunakan plugin cache. Mengapa? Karena plugin ini dapat menciptakan file html statis yang dapat bekerja mengurangi beban permintaan server. Plugin ini juga mendukung berbagai teknik optimasi website, seperti Gzip, browser cache, minify, kompresi css dan javascript.

Boleh dicoba beberapa plugin cache rekomendasi ini W3 Total cache atau Wp Super Cache. Kedua plugin ini dapat membantu anda dalam meningkatkan kecepatan loading website. Setelah anda instal, lakukan konfigurasi kemudian cek kecepatan website anda dengan tool online. Hasil yang berbeda bisa anda dapatkan.

3. Memilih thema yang baik

Dalam memilih tema, tentukanlah tema yang berkualitas dan sesuai kebutuhan anda. Memilih tema jangan semata mata mengejar tampilan luxury namun ternyata banyak hole, bug dan berujung pada performa website yang buruk. Memilih tema yang baik tidak selalu harus tema berbayar. Tema gratisan juga banyak yang baik dan berkualitas untuk digunakan.

Perhatikan design tema, pilih tema dengan design minimalis yang responsive. Semakin sederhana maka akan makin cepat loadingnya. Lakukanlah pengecekan kecepatan loading tema sebelum benar benar anda terapkan.

Perhatikan keamanan dan versi terakhir thema. Cek pada bagian review sebelum menginstal. Pelajar juga komentar pengguna lain terhadap thema yang anda incar. Dari sisi versi update pastikan tema memiliki versi update paling lama 1 tahun lalu. Ini bertujuan memastikan ada pembaharuan dari sisi keamanan.

3. Memperkecil gambar

Ukuran file gambar yang besar sangat mempengaruhi waktu muat sebuah website. Sebelum gambar diupload lakukanlah resize dan optimasi pada gambar. Beberapa tool online juga bisa anda manfaatkan untuk rezise gambar diantaranya ImageOptim atau RIOT.

Jika website anda dibangun dengan CMS wordpress bisa manfaatkan plugin seperti Imagify, Wp smush dan Image Optimizer. Sangat disarankan untuk menggunakan salah satu dari plugin ini untuk mengurangi berat loading website.

4. Mengoptimalkan database

Pembengkakan ukuran database bisa terjadi jika terlalu banyak data komen spam dan pembentukan catatan revision content. Revision content adalah penyumbang terbesar menggelembungnya database. Karena selain menyimpan autosave, revision content juga menyimpan salinan dari setiap perubahan perubahan terdahulu. Maka dari itu untuk menghindari pembengkakan pada database anda bisa gunakan plugin WP optimize. Plugin ini mampu menghapus komen spam, file file sampah dan file revision yang terbentuk. Jadi database anda bisa kerja optimal.

Demikianlah penjabaran singkat terkait bagaimana meningkatkan kecepatan website. Ingat rutin lakukan cek kecepatan website dengan tools online, karena kecepatan website adalah faktor penting dari SEO. Jika sekiranya ini berguna, anda bisa coba terapkan tips diatas pada website anda.

Kembali lagi pada tujuan sebuah website. Website tidak bisa dikatakan baik apabila tidak memiliki pengunjung. Untuk bisa mendapatkan pengunjung website yang tinggi maka anda harus terapkan Teknik SEO. Jika website anda sudah diaplikasikan SEO berikan sentuhan strategi pemasaran online dengan itu niscaya website anda akan mampu bersaing.

 

Salam rongrangreng!